Alasan Rasulullah melarang minum berdiri

Dalam dunia kedokteran, kita dilarang minum sambil berdiri, demikian Rasulullah SAW pun melarangnya. mungkin jika kita sedang haus dijalan kita membeli minum lalu kita minum sambil berdiri. Mengapa minum sambil berdiri itu dilarang???inilah faktor-faktornya:

Alasan Rasulullah Melarang Minum Berdiri
1. pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan mmelar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

2. Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum.
                                                                                                       
3. Diriwayatkan ketika Rasulullah s.a.w. dirumah Aisyah r.a. sedang makan daging yang dikeringkan diatas talam sambil duduk bertekuk lutut, tiba-tiba masuk seorang perempuan yang keji mulut melihat Rasulullah s.a.w. duduk sedemikian itu lalu berkata: "Lihatlah orang itu duduk seperti budak." Maka dijawab oleh Rasulullah s.a.w.: "Saya seorang hamba, maka duduk seperti duduk budak dan makan seperti makan budak." Lalu Rasulullah s.a.w. mempersilakan wanita itu untuk makan. Adapun duduk bertelekan (bersandar kepada sesuatu) telah dilarang oleh Rasulullah sebagaimana sabdanya, "Sesungguhnya Aku tidak makan secara bertelekan"

jadi meskipun minum berdiri kelihatannya seperti masalah sepele tapi mampu membuat penyakit yang serius. Semoga saja kalian semua yang pernah minum berdiri tidak terkena penyakit yang tidak diinginkan.

Related Posts:

0 Response to "Alasan Rasulullah melarang minum berdiri"

Post a Comment

Ketika Akan Berkomentar Sebaiknya :
1. Tidak menyisipkan link aktif ke dalam komentar
2. Apabila ingin mendapatkan backlink, gunakan OpenID
3. Berkomentar dengan baik dan sopan.
Mohon maaf apabila komentar tidak sempat saya balas karena kesibukan di dunia maya.