Berbagi Ilmu Agar Berguna Buat Banyak Orang

Cara pencegahan penyakit HIV - AIDS dan perkembangannya

Cara pencegahan penyakit HIV - AIDS dan perkembangannyaTidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Penyakit HIV - AIDS sangatlah berbahaya karena sampai saat ini belum ditemukan obatnya, bahkan negara yang maju seperti amerika, cina tidak mampu menemukan obat akan penyakit ini, oleh -karena itu, kita perlu mencegah penyakit HIV - AIDS sebelum penyakit ini menyerang kita, lalu bagaimana cara mencegah penyakit HIV - AIDS? inilah cara mencegahnya :
  • Cara Pencegahan Penyakit HIV - AIDS
  1. Tidak mengkonsumsi narkoba. Terutama narkoba suntik. mengapa narkoba suntik? karena pada umumnya kita jika melakukan narkoba suntik hanya memiliki satu jarum suntik, sehingga satu buah jarum suntik dipakai untuk banyakan (massal). Sehingga bisa saja di antara mereka memiliki penyakit HIV - AIDS sehingga tertular deh ke semua nya. Namun apapun jenis narkobanya dapat memberikan pengaruh buruk bagi tubuh kita.
  2. Selain menggunakan jarum suntik tidak steril bergantian dengan orang lain. Berlaku juga untuk tidak menggunakan alat tindik anting, tato secara bersama dengan orang lain.
  3. Tidak melakukan hubungan seksual tidak aman dengan pasangan yang telah terinfeksi.
  4. Dari ibu yang positif dapat menularkan kepada bayinya ketika dalam kandungan, saat pesalinan atau pun pada masa menyusui. Konsumsi ARV secara teratur oleh ibu hamil yang telah terinfeksi ditemukan dapat mengurangi kemungkinan tertularnya bayi yang ada dalam kandungan. Lalu apakah kalian sudah mengetahui apa arti dari ARV? ARV merupakan singkatan dari antiretroviral adalah suatu obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan agar penderita HIV tetap hidup, dia harus mengkonsumsi obat tersebut seumur hidupnya. Namun tetap saja, obat ini tidak akan menyembuhkan penyakit HIV - AIDS, melainkan meningkatkan daya tahan tubuh saja
  5. Memastikan transfusi darah dari orang yang tidak terinfeksi. Pada saat ini, PMI telah memeriksa kualitas darah transfusi yang mereka kelola.
  6. Mengetahui informasi tentang HIV - AIDS dengan benar, caranya simaklah artikel ini hehe :)
lalu bagaimana dengan perkembangan HIV menjadi penyakit AIDS di dalam tubuh manusia? inilah tahap perkembangannya
  • Tahapan perkembangan HIV menjadi  penyakit AIDS dalam tubuh manusia mulai dari awal terinfeksi adalah:
  1. HIV dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara yaitu hubungan seksual, penggunaan narkoba suntik dan ibu yang HIV positif ke anaknya
  2. HIV mulai menyerang bagian dari sel darah putih yang disebut T sel. Target utamanya adalah salah satu jenis T sel yang disebug CD4+. T sel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bertugas untuk mengkoordinasikan pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus. Pertama kali masuk, HIV akan mendapat serangan sekuat tenaga dari sistem kekebalan tubuh sehingga banyak dari HIV yang mati. Inilah yang menyebabkan terjadinya " window period" yaitu bila orang tersebut di tes HIV maka hasilnya akan negatif karena HIV belum terdeteksi namun orang ini sudah dapat menularkan HIV.
  3. HIV akan memperbanyak dirinya dalam organ dan jaringan tubuh yang bertugas untuk memproduksi, menyimpan dan membawa sel darah putih. Pada saat ini, virus HIV belum masuk ke dalam aliran darah. Setelah virus HIV semakin banyak maka HIV dalam jumlah banyak akan memasuki aliran darah.
  4. Orang dengan HIV+ akan menjadi AIDS bila HIV terus menerus menyerang sistem kekebalan tubuh hingga sistem tersebut rusak. Ketika sistem kekebalan tubuh dirusak, CD4+ juga dirusak dan mati, maka orang akan kekurangan CD4+ yang sehat. Tanpa CD4+, tubuh akan sangat rentan terhadap masuknya infeksi oportunistik, Infeksi oportunistik adalah infeksi yang tidak dapat menyebabkan penyakit pada orang yang sehat, seperti Pneumocystic Carinii Pneumonia (PCP), Diare hebat, dan lain lain.
Semoga bermanfaat


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Penyakit dengan judul Cara pencegahan penyakit HIV - AIDS dan perkembangannya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://falah-kharisma.blogspot.com/2012/12/cara-pencegahan-penyakit-hiv-aids-dan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: falah kharisma nuraziz - Wednesday, 19 December 2012