Berbagi Ilmu Agar Berguna Buat Banyak Orang

Macam - Macam Golongan darah

Macam - Macam Golongan darah

Pada tahun 1868, Karl Landsteiner, seorang ahli dari austria, meemukan cara penggolongan darah dengan sistem ABO. Manurut beliau, darah dibedakan menjadi golongan darah A, B, AB, dan 0 (nol).
Penggunaan darah ini didasarkan pada kandungan aglutinogen dan aglutinin
. Aglutinogen merupakan protein dalam sel darah merah yang dapat digumpalkan oleh aglutinin. Ada dua jenis aglutinogen pada darah yaitu aglutinogen A dan aglutinogen B. Aglutinin merupakan protein di dalam plasma darah yang menggumpalkan aglutinogen. Aglutinin berfungsi sebagai zat antibodi. Terdapat dua macam aglutini yaitu aglutinin A (alfa) dan aglutinin B (beta). Aglutinin A disebut juga serum anti A yang akan menggumpalkan aglutinogen A. Sedangkan aglutinin B disebut juga serum anti B akan menggumpalkan aglutinogen B. Berdasarkan keberadaan antigen dan antibodinya, terdapat empat macam golongan darah. yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Ini adalah Tabel yang menjelaskan setiap golongan darah tersebut

Golongan Darah Aglutinogen Aglutinin
A B A
B A A
AB A dan B -
0 - A dan B

Untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah pada saat transfusi, golongan darah donor (pemberi) dan resipien (penerima) harus diperhatikan. Ini adalah keterangan masing masing golongan darah yang dapat didonorkan.

Golongan darah :
A : hanya bisa memberi ke golongan darah A lagi
B : hanya bisa memberi ke golongan darah B lagi
AB : hanya bisa memberi ke golongan darah AB, namun dapat menerima dari semua golongan darah (resipien universal)
0 : Dapat memberi ke semua golongan darah ( Donor universal), akan tetapi hanya bisa menerima dari golongan darah 0 lagi.

Jika golongan darah AB kecelakaan dan harus di transfusi darah, maka semua golongan darah dapat di transfusi kannya, akan tetapi lebih baik di transfusi kannya dengan golongan darah AB lagi.
Demikian juga dengan golongan darah 0, apabila ada orang kecelakaan dengan golongan darah A, jika masih ada orang yg bergolongan darah A, maka lebih baik di transfusikan dari yg sama golongan darah, bukan dari golongan darah 0.

Semoga Bermanfaat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sistem pada manusia dengan judul Macam - Macam Golongan darah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://falah-kharisma.blogspot.com/2012/12/macam-macam-golongan-darah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: falah kharisma nuraziz - Saturday, 22 December 2012