Apa Yang Dimaksud Dengan Narkoba?

Apa Yang Dimaksud dengan Narkoba?

Apakah Narkoba itu? Narkoba singkatan dari Narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Narkoba adalah obat, bahan atau zat yang jika masuk tubuh berpengaruh pada fungsi tubuh, terutama otak.

Narkoba termasuk bahan Adiktif karena menimbulkan ketergantungan, dan tergolong zat psikoaktif, artinya berpengaruh pada kerja otak dan mengubah perilaku pemakainya.

Contoh Narkotika : morfin, heroin, ganja, kokain
Contoh Psikotropika : ekstasi, shabu, obat - obat penenang / obat tidur

Penggunaan dan peredaran Narkotika dan Psikotropika diawasi secara ketat dengan Undang - undang, yaitu UU RI No. 22 Tahun 1997 tentang Narkotika dan UU RI No. 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Kepemilikkan penggunaan serta peredaran narkotika dan psikotropika secara tidak sah merupakan pelanggaran hukum.

Bahan adiktif lain yang tidak diatur dalam Undang - undang contohnya adalah : Kafein (pada minuman kopi, dan beberapa minuman penyegar), nikotin (pada rokok tembakau), dan alkohol (pada minuman keras, yang tergantung kadar dan etanol - nya, ada yang dijual bebas, ada pula yang dikendalikan oleh Peraturan Pemerintah ).

Jenis - jenis narkoba yang banyak disalahgunakan sering memiliki julukan, atau istilah gaul sesuai dengan bahasa setempat, yang sering berubah - ubah. Istilah itu tidak menggambarkan khasiat dan kemurnian zat tersebut.

Penyalahgunaan narkoba berpengaruh pada tubuh dan mental - emosional pemakainya. Jika sering dipakai, apalagi dalam jumlah berlebih akan merusak kesehatan tubuh kejiwaan dan fungsi sosialnya. Pengaruh Narkoba pada remaja lebih fatal, karena menghambat perkembangan kepribadiannya, Narkoba bahkan dapat merusak potensi diri, sebab dianggap sebagai cara yang "wajar" seseorang menghadapi permasalahannya sehari - hari.

Semoga saja kita bisa terhindar dari apa yang namanya "NARKOBA"

Related Posts: