Awal mula microsoft excel

Awal Mula Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah salah satu software jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program / saling terkoneksi satu sama lain).
Piranti lunak (software) tipe spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu, VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. 
Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel - nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet.

Microsoft Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata - mata untuk menyeragamkan versi Excel yang sudah mencapai versi 2.0. 3 - 1990 sudah menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya. Versi 4-1992 adalah versi yang terpopuler.
Dalam versi 4-1992 sudah menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for windows dikeluarkan 5-1993. Perbaikan besar - besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook. Excel 7-1995 dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi - 7 tanpa ada versi 6, semata - mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft office for Win' 95. Versi ke - 7 dari Excel merupakan versi pertama yang memiliki kemampuan 32 bit, walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5 dikenal juga sebagai MS - Excel 97. Adapun versi 9-1999 dikenal juga sebagai MS-Excel 2000 dan sudah mengenal format bahasa HTML. Versi 10-2001 dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).

Mohon maaf jika saya tidak menampilkan MS Excel tahun 2003, 2007, dan 2010, mohon dimaklumkan
Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi

Related Posts: