Bahaya dan Manfaat di balik penyakit batuk

Bahaya dan Manfaat di balik penyakit batuk
Pada umumnya, batuk lebih dipandang sebagai sesuatu yang mengganggu ketenangan bekerja, sekolah, ataupun ketika santai. Akan menjadi sangat menjengkelkan ketika batuk yang tidak diharapkan tiba - tiba datang sehingga muncul rasa kesal. Batuk adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Batuk yang baik dan efektif akan memberikan manfaat, yakni membersihkan jalan napas dan mengeluarkan benda asing yang tidak berguna di saluran nafas. Sebaliknya, batuk yang tidak efektif dapat memperberat penyakit dan batuk yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi. Bahkan, jika tidak cepat diobati, maka dapat menimbulkan kematian. 
Jadi, di satu sisi, batuk bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dapat mengeluarkan zat - zat asing yang masuk dalam saluran nafas. Namun di sisi lain, batuk juga dapat berbahaya bila tidak segera diatasi.

Manfaat batuk
Batuk sangat bermanfaat untuk membersihkan jalan nafas atau mengeluarkan benda - benda asing, baik yang berbentuk cairan maupun padat dari saluran nafas yang mengganggu proses pernafasan kita. Pada penderita asma, dahak kental dapat menyumbat saluran pernafasan sehingga penderita mengalami kesulitan untuk bernafas. Disini batuk memiliki peran penting karena dahak tersebut dapat dikeluarkan sehingga melegakan kembali saluran pernafasan penderita. Demikian juga dengan penderita bronkitis kronik atau tuberkolosis.

Kapankah batuk berbahaya?
Pada umumnya, penyakit selalu menimbulkan bahaya bagi penderitanya. Batuk dikatakan berbahaya bila batuk tidak kunjung sembuh yang mengakibatkan penyakit bertambah berat atau menimbulkan penyakit lain (komplikasi). Kekuatan batuk yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan proses penyembuhannya menjadi lambat dan jika terjadi komplikasi akan mempersulit atau memperlambat proses penyembuhan penyakit lain.
Ada dua macam batuk yang umum terjadi. Pertama, batuk berdahak yang efektif mampu membantu mengeluarkan benda asing yang masuk dalam saluran pernafasan. Kedua, batuk tidak berdahak dan itu tidak efektif dan harus dihentikan. 
Meskipun batuk itu penting dalam kehidupan kita, khususnya untuk membersihkan saluran pernafasan dari benda-benda asing, tetapi sebaiknya kita tidak menyepelekan batuk. Karena batuk dapat merupakan sinyal atau alarm yang menandakan adanya sesuatu yang "salah" dalam tubuh kita. 
Akan tetapi, tidak ada salahnya batuk itu diwaspadai. Apabila sudah berkepanjangan, maka hal itu dapat menunjuk pada satu hal, mungkin ada penyakit serius yang sedang menyerang tubuh kita. Terutama, apabila setelah tiga hari minum obat, gejelanya juga tidak mereda, maka kita harus segera meminta pertolongan dokter.

Jadi, batuk tidak selamanya berbahaya dan tidak selamanya juga bermanfaat bagi tubuh kita

Related Posts: