Berbagi Ilmu Agar Berguna Buat Banyak Orang

Dampak Yang Diakibatkan Narkoba Pada Organ Tubuh

Dampak Narkoba

Masuknya Narkoba akan mempengaruhi fungsi vital organ tubuh, yaitu jantung, peredaran darah, pernafasan, dan terutama pada kerja otak (susunan saraf pusat). Hal ini akan menyebabkan kerja otak berubah (bisa meningkat atau turun).

Narkoba Yang Ditelan akan masuk ke lambung kemudian ke pembuluh darah. kalau dihisap, zat diserap masuk ke dalam pembuluh darah lewat saluran hidung dan paru - paru. Sedangkan kalau masuk ke badan melalui cara disuntikkan, zat langsung masuk ke aliran darah, selanjutnya darah membawa zat itu ke otak.

Narkoba berpengaruh pada bagian otak yang bertanggung jawab atas kehidupan perasaan, yang disebut dengan sistem limbus. Pusat kenikmatan pada otak (hipotalamus) adalah bagian dari sistem limbus. Narkoba menghasilkan perasaan 'tinggi/high' dengan mengubah susunan biokimia molekul pada sel otak yang disebut neuro-transmitter.

Mitos : "Kalau Merasa enak, kerjakan saja!"
Kira - kira begitulah bahasa kasarnya otak ketika bekerja (seperti setan saja, hihihi). Otak kita memang dilengkapi alat untuk menguatkan nikmat dan menghindarkan rasa sakit atau tidak enak. Hal ini untuk membantu kita memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti rasa lapar, haus, hangat, dan tidur. Mekanisme seperti ini namanya mekanisme pertahanan diri.

Kalau merasa nikmat, otak mengeluarkan neuro-transmitter yang menyampaikan pesan : "Zat ini berguna untuk mekanisme pertahanan badan. Jadi, ulangi lagi pemakaiannya!".

Kalau mengkonsummsi narkoba, otak membaca tanggapan kita. Kita akan merasa nikmat seolah - olah kebutuhan kita seperti rasa lapar tadi sudah terpuaskan. Otak merekam sebagai sesuatu yang harus dicari sebagai prioritas.

Realitanya : Akibatnya, Otak membuat program salah, semacam pembelajaran sel - sel otak pada pusat kenikmatan seolah - olah kita memang perlu narkoba sebagai mekanisme pertahanan diri. Maka terjadilah kecanduan!.

Penyalahgunaan narkoba (dipakai diluar tujuan pengobatan dan hanya untuk menikmati pengaruhnya) kalau dilanjutkan terus - menerus akan mengakibatkan ketergantungan. Setelag itu akan mengakibatkan gangguan kesehatan jasmani dan rohani. Lebih jauh lagi bisa membuat kematian yang sia - sia. Sia - sia tidak kalau mati cuma gara - gara narkoba?

Narkoba langsung menyerang saraf otak meski hanya sekali pakai. Cara paling mudah menolak kebiasaan mengkonsumsi narkoba adalah dengan Tidak memulainya sama sekali.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Penyakit dengan judul Dampak Yang Diakibatkan Narkoba Pada Organ Tubuh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://falah-kharisma.blogspot.com/2013/01/dampak-yang-diakibatkan-narkoba-pada.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: falah kharisma nuraziz - Thursday, 31 January 2013