Penyebab Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Penyebab Penyakit Tuberkulosis

Penyakit TBC atau biasa disebut juga tuberculosis adalah penyakit yang biasa menyerang anak - anak. Penyakit TBC juga adalah penyakit yang menahun terutama pada malam hari.

A. Penyebab Penyakit Tuberculosis
Penyebabnya adalah bakteri microbacterium tuberculosa yang berbentuk batang / tongkat sangat kecil. selain karena bakteri sebagai penyebab utama, faktor lingkungan yang lembab, kurangnya sinar matahari pada suatu ruang, dan kurangnya sirkulasi udara juga sangat berperan dalam penyebaran bakteri mikrobakterium tuberkulosa ini sehingga sangat mudah menjangkiti bagi orang yang hidup dalam kondisi lingkungan yang tidak sehat.

B. Masa Inkubasi.
Masa Inkubasi untuk penyakit TBC biasanya adalah 4 - 6 minggu dengan tanda, yaitu pucat, lemah, badan kurus, tidak memiliki semangat aktivitas, berkeringat, batuk - batuk berdahak campur darah, dan suhu tubuh tinggi.

C. Penularan TBC
Untuk penularan penyakit TBC biasanya melalui udara yang tercemar oleh Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan/dikeluarkan oleh si penderita TBC saat batuk, Biasanya pada kasus anak-anak sumber infeksi adalah berasal dari orang dewasa yang menderita TBC. Bakteri ini masuk kedalam paru-paru dan berkumpul hingga berkembang menjadi banyak (terutama pada orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah), Bahkan bakteri ini pula dapat mengalami penyebaran melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening sehingga menyebabkan terinfeksinya organ tubuh yang lain seperti otak, ginjal, saluran cerna, tulang, kelenjar getah bening dan lainnya meski yang paling banyak adalah organ paru.

D. Pencegahan TBC
1. Menjaga keseimbangan antara makanan dan minuman, kebersihan, serta keseimbangan kerja dan istirahat.
2. Menghindari kontak langsung dengan penderita TBC, usahakan memakai masker.
3. Vaksinasi BCG pada usia 0 - 14 tahun.

E. Pengobatan
1. Diberi obat INH (isoniazio) dan streptomycin.
2. istirahat yang cukup.
3. makanan yang cukup mengandung gizi dan vitamin.
4. Berada di lingkungan udara segar.
5. Segera di bawa ke rumah sakit jika sudah parah


Related Posts: