Tanda - Tanda Orang Zuhud

Tanda - Tanda Orang Zuhud

Jika pada postingan sebelumnya menjelaskan tentang Pengertian dari sifat zuhud dan fungsinya, maka sekarang saya akan menjelaskan tentang "tanda - tanda orang zuhud".
1. Tanda - tanda orang yang zuhud.
Zuhud harus mendasari perilaku setiap muslim dalam kehidupan sehari - hari, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bersikap zuhud tidak berarti mengabaikan dunia atau hal - hal yang berhubungan dengannya, seperti uang dan harta lainnya. Akan tetapi menggunakan harta yang dimiliki sesuai kebutuhan. Selain itu, sikap zuhud harus dapat membuat seseorang tidak bersedih hati ketika tidak mampu memiliki suatu benda atau kehilangan benda yang disukai. Imam al - Gazali mengemukakan bahwa minimal ada 3 tanda seseorang yang berperilaku zuhud, yaitu sebagai berikut.
1. Tidak merasa gembira dengan apa yang dapat dicapai dan tidak merasa duka cita dengan apa yang hilang.
2. Ketika ia mendapat celaan atau hinaan, sikapnya sama saja
3. Senantiasa mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata'ala. dan hatinya dipenuhi dengan kecintaan kepada Allah dan sesama makhluk nya

2. Membiasakan perilaku zuhud
Sikap zuhud sangat ditentukan oleh tingkat keimanan dan ketakwaan seseorang. Maksudnya, sikap zuhud hanya akan dimiliki oleh orang yang beriman serta selalu melaksanakan perintah Allah subhanahu wata'ala. dan meninggalkan larangan - larangannya. Dengan demikian, ada beberapa hal pokok yang harus dijalani seseorang untuk dapat memiliki sikap zuhud, yaitu sebagai berikut.
1. Meningkatkan keimanan kepada Allah subhanahu wata'ala dan hari akhir
2. Melaksanakan perintah Allah subhanahu wata'ala dan menjauhi larangannya
3. Meningkatkan pemahaman ilmu, baik untuk bekal di dunia maupun di akhirat
4. Meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan amal saleh.
5. Meyakini bahwa di dunia hanya sementara

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan
Semoga bermanfaat

Related Posts: