Cara Mengembangkan Potensi Diri

Cara Mengembangkan Potensi Diri
Setiap manusia tentu diberi anugerah kecerdasan yang berbeda - beda dan inilah yang membuat unik setiap manusia. Oleh karena itu kita perlu mengetahui potensi apa yang kita miliki. Lalu bagaimana cara mengetahui potensi yang ada pada diri kita? Berikut beberapa cara untuk mengetahui dan mengembangkan Potensi diri :

1. Kenali Betul Potensi Yang Ada Pada Dirimu
Buat daftar pertanyaan dan jawab dengan jujur. Misalnya : Apa yang membuat anda bahagia? Apa yang anda inginkan dalam hidup ini? Apa kelebihan dan kekuatan anda? Apa kelemahan dan kekurangan anda?.

2. Merumuskan dan Menentukan Cita - Cita Hidup
Orang yang akan berhasil meraih cita - cita adalah orang yang telah berhasil menetapkan cita - citanya sejak awal. Lalu, dengan keteguhan hati berusaha keras mewujudkan cita - citanya tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus sudah menetapkan cita - cita hidupmu mulai dari sekarang.
Bila telah menetapkan cita - cita, kamu akan mengetahui arah mana atau jalan hidup mana yang akan ditempuh guna mewujudkan cita - cita tersebut. Kamu juga harus konsisten (tetap dan tidak berubah - ubah) dalam berusaha agar cita - cita yang ingin dituju bisa cepat dicapai.
Karenanya kamu tidak boleh tergoda pada hal - hal yang sepele yang bisa mengalihkan pusat perhatianmu dalam berusaha meraih cita - cita. Walaupun kadangkala hal tersebut sepertinya lebih menarik bagi kamu, tapi hati - hati hal itu bisa membuat usahamu meraih cita - cita menjadi tidak optimal.

3. Belajarlah dengan Rajin, Ulet, Tekun, dan Tanpa kenal lelah
Belajar bisa menunjang berbagai sumber dan pengalaman yang dapat menunjang keberhasilan meraih cita - cita tersebut. Tapi yang terpenting adalah keseriusan, ketekunan, keuletan, rajin, dan tak kenal lelah dalam belajar.
Belajar bisa dari mana saja, dari buku, koran, televisi, radio, kurus - kursus, pengalaman pribadi maupun orang lain. Seorang Pembelajar sejati adalah orang yang rajin baca. Oleh sebab itu, kamu harus membiasakan rajin membaca.
Tumbuhkanlah minat baca di dalam dirimu. Membaca merupakan kunci utama dalam belajar. Sebab dengan membaca semua ilmu pengetahuan dan teknologi akan bisa kamu ketahui.
Camkan Semboyan berikut ! 
Tak akan aku menyerah kalah dalam setiap perjuanganku, sebelum aku benar - benar kalah
Semboyan ini menggambarkan teguhnya niat dan kerasnya perjuangan untuk meraih prestasi atau cita - cita. Akan tetapi, bila cita - cita tersebut ternyata tidak tercapai, kita dapat menerimanya dengan ikhlas. Sebab kita sudah berjuang dan berusaha secara maksimal, dan menganggap Allah mempunyai kehendak lain yang tentunya lebih baik dari kehendak kita sendiri.

4. Janganlah Kecil Hati dan Rendah Diri
Kecil hati adalah mudah putus asa apabila mendapat rintangan dalam menempuh hidup guna meraih   cita - cita. Adapun rendah diri adalah perasaan minder yang diakibatkan karena ia terlalu fokus (memperhatikan) kekurangan - kekurangan dalam dirinya saja. Ia tidak sadar bahwa ia juga mempunyai kelebihan. Karena Allah pasti menganugerahi manusia dengan kelebihan dan kekurangan.
Hati - hatilah dengan kedua sifat buruk ini. Kedua sifat ini akan membunuh karakter unggulmu. Membunuh bakat yang telah Allah berikan kepadamu. Dengan adanya sifat kecil hati dan rendah diri, kamu nanti tidak akan bisa maju dan berkembang. Sehingga sia - sialah bakat yang terpendam dalam dirimu.

5. Jika Ada Kemauan Pasti Ada Jalan
Dalam Hidup ini pasti ada masalah, tantangan, dan rintangan. Kalau tidak mau ada masalah, tantangan, dan rintangan maka jangan hidup. Orang yang lari dari masalah, tantangan, dan dengan hidupnya berarti ia pecundang. Bahkan orang yang beriman pun diberi ujian, firman Allah Subhanahu wa ta'ala : "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?"(QS: Al Ankabut ayat 2)

Oleh sebab itu, kamu harus menyikapi masalah, tantangan, dan rintangan dalam hidup dengan sikap yang terbaik dan bijaksana. Caranya dengan menghadapi segala masalah, tantangan, dan rintangan dengan kemauan keras untuk mendapatkan jalan keluarnya. Sehingga mentalmu menjadi tangguh dengan baik. 

Dengan demikian, dalam dirimu akan terbentuk suatu karakter yang kuat dan pantang menyerah demi meraih prestasi dan cita - cita yang telah kamu tetapkan. Sehingga bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan unggul di mata dunia, apabila semua generasi mudanya mempunyai mental kuat, tangguh, dan pantang menyerah. Yakinlah jika kau ada kemauan. Allah pasti memberi jalan.

6. Selalu Berdoa Memohon Pertolongan Kepada Allah
Kita harus meyakini bahwa kekuasaan Allah Sangat besar dan tak terbatas. Apa yang dikehendaki-Nya pasti terwujud dan apa yang tidak dikehendaki-Nya pasti tidak terwujud, Firman Allah Subhanahu wa ta'ala : "Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia."(QS Yasin ayat 82)

Allah akan selalu mengabulkan keinginan makhluknya (manusia) yang berdoa pada-Nya. Firman Allah Subhanahu wa ta'ala : "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina". (QS. Al - Mukmin ayat 60).

Oleh sebab itu, berdo'alah memohon pertolongan-Nya agar diberi kekuatan, petunjuk, dan tuntunan-Nya. Sehingga kita dapat meraih cita - cita dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Keyakinan akan pertolongan Allah sangat penting karena akan membuat kita mempunyai energi (kekuatan) dan semangat yang besar. Sehingga kamu akan lebih mantap dan berani dalam mengarungi hidup guna meraih cita - cita dan prestasi diri








Related Posts: