Download Kitab Terjemahan Al - Kabair - Imam adz - Dzahabi





Keberadaan sebuah masyarakat yang hidup didampingin oleh seorang nabi tentunya berbeda dengan mereka yang jauh dari nabi. Semakin jauh jarak sebuah umat dengan mereka, maka semakin beragam pula bentuk penyimpangan mereka. 

Tidak dipungkiri bahwa umat islam hari ini adalah umat yang jaraknya paling jauh dari nabi mereka, dan kita sadari bahwa kondisi mereka secara umum benar - benar telah jauh dari tuntunan yang dibawa oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam. Secara kualitas maupun kuantitas tidak kita dapatkan pelanggaran dan dosa yang dilakukan oleh manusia di sepanjang masa yang lebih parah dari zaman ini, bahkan dosa - dosa besar sudah menjadi aktivitas rutin mereka sehari - hari. Diantara mereka yang berbuat ada yang tidak mengerti hukum dan akibatnya, dan ada pula yang telah mengerti namun meremehkannya, padahal jelas bahwa semua dosa besar merupakan penyebab siksa dan ancaman di akhirat yang tak seorangpun mengetahui kedahsyatannya kecuali Allah.


Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam telah menjabarkan secara terperinci akan berbagai dosa yang akan mencampakkan manusia ke dalam kebinasaan yang kekal. Banyak diantara ulama baik salaf maupun k halaf yang mengumpulkan hadits - hadits tentang dosa besar dan agar senantiasa waspada dan berhati - hati agar tidak terjerumus dalam murka Allah dan laknat-Nya yang mengerikan.


Diantara kitab yang menjelaskan tentang dosa - dosa besar secara detail dan lengkap adalah apa yang ditulis oleh seorang ulama salaf, Imam Syamsuddin Adz - Dzahabi. Kitab beliau yang mengupas dosa - dosa besar "Al - Kabair" termasuk diantara kitab yang paling banyak mendapatkan perhatian para ulama didalam mengambil rujukan. 

Kitab Al - Kabair merupakan karya beliau yang mula - mula beliau tulis khusus bagi "Pembaca khusus". Di dalam kitab ini beliau menampilkan topik - topik yang menarik bagi mereka serta memberi manfaat bagi dien dan dunia mereka. Dengan bahasa yang mudah dipahami, Adz - Dzahabi mampu menjelaskan bagian - bagian yang sulit. Yang biasa didapati dalam kitab - kitab ilmiyah yang membaca topik khusus, buah karya para ulama dan para pencari ilmu.

Ungkapan - ungkapan beliau dalam kitab ini laksana petuah seorang "Wa'izh mursyid" (Pemberi peringatan nan bijak) yang menceritakan kemaslahatan manusia dan meluruskan aqidah serta perilaku mereka. Adz - Dzahabi memaparkan semua pembahasan dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, jelas dan menarik. Beliau menjauhi hal - hal yang rumit, samar dan dibuat - buat. Maka jadilah kitab ini berguna bagi para khatib, pemberi peringatan, pemberi petuah bagi orang - orang yang lalai dan bingung, serta menjadi teguran bagi ahli maksiat dan orang - orang yang menyimpang. Selain itu ia juga menjadi penuntun bagi orang - orang yang memiliki tekad membaja di dalam menempun jalan Allah, jalan al - haq, jalan kebenaran.

Bagi yang ingin mendownload Kitab Al - Kabair, silahkan disini http://www.mediafire.com/download/wbozc9t5taxm95h/[imam_adz-dzahabi]_dosa-dosa_besar.pdf

Related Posts: