Peranan Tumbuhan bagi Kehidupan

Peranan Tumbuhan bagi Kehidupan

Peranan Tumbuhan bagi Kehidupan

   Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang bisa menentukan keberadaan makhluk hidup lainnya. Seperti yang telah kita ketahui, tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Makanan yang dibuat tumbuhan digunakan untuk melakukan aktivitasnya sehari - hari dan untuk tumbuh dan berkembang. Sedangkan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung sangat tergantung kepada tumbuhan.

   Sekarang para ahli anatomi tumbuhan mengetahui bahwa tumbuhan memiliki sifat totipotensi, yaitu suatu kemampuan setiap sel untuk tumbuh menjadi sebuah individu baru. Pengetahuan tentang totipotensi ini kemudian, dimanfaatkan oleh para ahli untuk melakukan perbanyakan tumbuhan dengan teknik kultur jaringan.

   Teknik kultur jaringan merupakan cara perbanyakan tumbuhan dalam waktu yang singkat dengan hasil yang banyak. Teknik kultur jaringan dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kekurangan pangan untuk masyarakat.

  Manfaat tumbuhan bagi kehidupan khususnya bagi manusia antara lain sebagai berikut.


  1) Pohon jati dan eboni sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena kayunya unggul untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan bangunan, mebel, kapal laut, jembatan, dan sebagainya.

  2) Biji Ginkgo biloba berfungsi untuk menajamkan daya ingat. Para pakar farmasi menemukan bahwa di dalam biji Ginkgo terkandung sejenis zat yang dapat menajamkan konsentrasi seseorang, sehingga informasi yang masuk ke otak dapat diingat dengan mudah.

  Beberapa manfaat tumbuhan bagi kemajuan sains, teknologi, dan lingkungan masyarakat adalah sebagai berikut.


  1) Sifat totipotensi tumbuhan dimanfaatkan pada teknik kultur jaringan, sehingga dapat dihasilkan tumbuhan dalam waktu yang singkat dan dalam jumlah yang banyak.

  2) Eceng gondok akan menjadi gulma bila terjadi eutrofikasi, akan tetapi batangnya yang dikeringkan, disamak, dan dianyam dapat digunakan untuk membuat barang - barang, seperti tas, tikar, mebel, dan tirai. Hal ini menyebabkan lingkungan terbebas dari gulma, selain itu membuka lapangan kerja baru.

  3) Melalui teknik radiasi dan induksi zat kimia kolkisin pada biji, jumlah kromosom tubuh digandakan sehingga ukuran tubuh akan melebihi ukuran normal sehingga dapat dihasilkan buah - buahan yang berukuran besar dan tidak berbiji.

  4) Tanaman tagetes menghasilkan senyawa tiofen yang aman bagi manusia, tetapi racun bagi hama sehingga dapat mengekstrak tiofen dari daun, batang, akar, dan bunganya dapat diperoleh ekstrak untuk insektisida, nematisida, dan fungisida.

  5) Sel - sel tubuh tumbuhan mengandung sitoplasma yang bersifat elektrolit sehingga dengan mengekstrak kulit buah dan sisa potongan sayuran kemudian ekstrak tersebut dihubungkan dengan elektroda ke alat - alat yang menggunakan energi rendan dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif rendah.



Related Posts: