Keistimewaan Warna Hijau

Keistimewaan Warna Hijau

Keistimewaan dan Keunikan Warna Hijau

   Segala puji bagi Allah, hingga saya bisa menyempatkan untuk menulis artikel ini. Pada artikel ini, saya akan menyinggung soal warna terutama yang paling banyak disebut pada beberapa ayat dalam Al-Qur’an. Yaitu warna hijau, konon Rasulullah SAW juga menyukai warna hijau? (Wallahu A’lam). Warna hijau ini disebutkan dalam beberapa ayat dari Kitab Allah, Al-Qur'an. Firman Allah SWT sebagai berikut : 
 
   "Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah. Kemudian, nikmat Tuhanmu yang manakah kamu dustakan? " 
QS Ar-Rahman; 76,77]
 
   Dalam Quran Ayat lain, Allah berfirman : 
   "Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih" 
[QS Al-Insan; 21]
 
    Dalam ayat yang ketiga, Allah juga berfirman : 
   "Mereka itulah orang-orang yang bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai dibawahnya, dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar diatas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. " 
[Al-Kahfi; 31]
 
   Nah, warna itu berpengaruh gak sih buat kita? Dalam hal ini, psikolog ikut berperan, mereka mengatakan bahwa "Warna memiliki pengaruh besar pada manusia. Warna dapat menyebabkan dia menjadi seorang berani atau pengecut. “ Hah kok gitu? “Warna juga mungkin membuat dia merasa dingin atau panas. Dan warna bahkan mungkin membuatnya merasa senang atau sengsara. ". Intinya, warna ini sangat berpengaruh besar, bukan?
 
   Para ilmuwan pun ikut berbicara: "Gelombang panjang berwarna kuning dapat menghidupkan sistem saraf manusia" Artinya, kalau kamu ingin menempatkan iklan yang efektif di jalan atau tempat umum, warna yang bagus untuk digunakan adalah kuning, karena memiliki panjang gelombang yang lebih panjang yang warna lain dan, lebih efektif pada sistem saraf manusia.
 
   Warna Ungu memberikan perasaan stabilitas dan kenyamanan, sedangkan warna biru memberikan perasaan wideness dan dingin. Warna merah, tentunya dengan nuansa yang berbeda, memberikan perasaan hangat.
 
   Namun, warna yang membawa kebahagiaan ke dalam hati manusia dan membangkitkan perasaan senang dalam dirinya adalah, tidak diragukan lagi, warna hijau. Itulah sebabnya Allah Yang Maha Pemurah, telah membuat warna tanaman terutama hijau untuk memberikan seorang pria merasa nyaman dan menyenangkan. Berikut dibahas warna hijau dalam berbagai bidang keilmuan :
 

  1. Hijau dalam Seni dan Filsafat 
   Hijau merupakan warna alam yang menyejukkan dan menyegarkan. Merupakan warna daun, warna yang dominan untuk pemandangan alam, terutama pegunungan, hutan, sungai dan lain-lain. Juga melambangkan prinsip, kebahagiaan, toleransi, kesejahteraan, sentosa dan kedamaian.
 

  2. Hijau dalam Psikologi dan Kesehatan
   Menyejukkan saraf, menyegarkan mata dan memberikan efek ketenangan dan kesembuhan. Radiasi hijau memperbaiki semangat tubuh dan jiwa secara cepat dan mengembalikan ritme halus untuk mencapai keseimbangan harmonis tubuh. Menggambarkan kemakmuran bumi dan keberadaan surga atau iklim keceriaan, kesenangan, kebahagiaan, dan ketenangan jiwa makhluk yang dikelilingi warna hijau.

 
  3. Hijau dalam Fisika 
   Hijau adalah gelombang elektromagnetik dari cahaya nampak. Hijau adalah salah satu dari 7 warna pokok gelombang elektromagnetik, yakni Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Cahaya nampak adalah spektrum gelombang elektromagnetik yang mampu dikenali oleh indera pencitraan manusia. Urutan panjang gelombang Cahaya Nampak adalah setelah Inframerah dan sebelum Ultraviolet. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin merah suatu warna adalah semakin kecil panjang gelombangnya. Kebalikannya, gelombang akan makin panjang jika semakin berwarna ungu (violet). Dari ketujuh spektrum warna tersebut, yakni Mejikuhibiniu, warna yang terletak di spektrum tengah-tengah (medium) adalah warna ke-4, yaitu warna hijau. Kemungkinan besar, dikarenakan panjang gelombang warna hijau adalah yang paling tengah (seimbang, tidak terlalu panjang, juga tidak terlalu pendek), warna tersebut memudahkan mata untuk melihat dan sangat sesuai dengan panca indera penglihatan kita sehinga tidak memerlukan tenaga ekstra untuk melihat.
 

  4. Hijau dalam Arsitektur 
   Warna Hijau dapat memengaruhi orang-orang yang melihatnya. Hal ini adalah penemuan dalam psikologi, namun berkembang luas ke Ilmu Arsitektur. Menurut bidang ini, warna hijau memberikan perasaan alami ketika melihatnya, cocok untuk digunakan pada ruang makan, dapur.
 

  5. Hijau dalam Pramuka
   Simbol keagungan, kesejahteraan, kebijaksanaan, dan kecerdasan.

 

Itulah sebabnya,

  • Ahli bedah berpakaian hijau untuk memberikan pasien yang menjalani operasi bedah perasaan keselamatan dan keamanan.
  • Papan tulis modern akan lebih sering digunakan dalam warna hijau atau coklat agar menyegarkan mata.
  • Uang Dollar Amerika juga merupakan contoh satu bukti nyata. Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa ekonomi Amerika begitu maju dan kuat. Hmm?
  • Merupakan isyarat untuk jalan dalam berbagai keperluan lalu-lintas.
  • Teropong malam yang canggih menggunakan warna hijau sebagai warna dasar penglihatan malam, hal ini disebabkan manusia mampu melihat lebih banyak perbedaan dalam warna hijau dibanding warna lain.
 
  Dan juga, Allah memberitahu kita bahwa surga dipenuhi dengan warna hijau. Subhanallah
 

Dari berbagai sumber (dengan beberapa perubahan) :
http://www.nabulsi.com/
http://khalifahsains.blogspot.com/
http://1scout1world.blogspot.com/

Related Posts: