Pengaruh APBN Terhadap Perekonomian

Pengaruh APBN Terhadap Perekonomian

  Pengaruh APBN Terhadap Perekonomian

   APBN merupakan salah satu sarana yang efektif untuk mengarahkan dan mempemudah pencapaian cita - cita pembangungan negara. Dengan adanya APBN, setiap tindakan negara dapat dikendalikan sesuai dengan tujuan APBN. Melalui APBN juga, kita dapat mengetahui prioritas apa yang sedang mendapat penekanan dari pemerintah sehingga seluruh masyarakat dapat menyatukan pandangan dan gerak langkah bersama pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang menjadi prioritas utama sesuai dengan yang digariskan dalam APBN. Berikut ini adalah pengaruh APBN dalam perekonomian

 1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, maksudnya dapat mengetahui besarnya GNP dari tahun ke tahun.
 2. Menciptakan kestabilan keuangan atau moneter negara, maksudnya dapat mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat.
 3. Menimbulkan investasi masyarakat, karena dapat mengembangkan industri - industri dalam negeri.
 4. Memperlancar distribusi pendapatan, maksudnya dapat mengetahui sumber penerimaan dan penggunaan untk belanja pegawai dan belanja barang atau jasa serta yang lainnya.
 5. Memperluas kesempatan kerja, karena terdapat pembangunan proyek - proyek negara dan investasi negara, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang baru dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

   Dampak adanya APBN terhadap perekonomian suatu negara akan tampak jelas sekali. Apabila suatu negara di dalam APBN-nya menunjukkan prioritas di bidang industri, maka perekonomiannya akan cenderung mengarah kepada peningkatan di bidang industri. Jika di dalam APBN suatu negara memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana, maka perekonomian negara tersebut ingin memotivasi para investor baru untuk membuka dan meningkatkan investasinya sehingga diharapkan meningkatkan hasil produksi, kesempatan kerja, dan penghasilkan masyarakat meningkat yang pada akhirnya meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Related Posts: