Objek Kajian Sosiologi

Objek Kajian Sosiologi

  Objek Kajian Sosiologi

   Sosiologi pada dasarnya mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi, misalnya seorang sosiologi mengkaji dan mengamat kenakalan remaja di Indonesia saat ini. Mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Hampir semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok, merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi, asalkan menggunakan prosedur ilmiah.

   Objek kajian sosiologi sebagainama kedudukannya sebagai ilmu sosial adalah masyarakat dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia tersebut dalam masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi kajian sosiologi adalah sebagai berikut.
   1. Hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lainnya.
   2. Hubungan antara individu dengan kelompok.
   3. Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain.
   4. Sifat - sifat dari kelompok - kelompok sosial yang bermacam - macam coraknya.

   Pokok kajian sosiologi mencakup tentang beberapa hal, yaitu sebagai berikut.
   1. Hakikat sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji tentang hubungan sosial, yaitu hubungan antarindividu dan antarkelompok dalam masyarakat serta hubungan antara individu dan antarkelompok dalam masyarakat serta hubungan antar individu dengan lingkungannya termasuk lingkungan alamnya.

   2. Interaksi sosial yang menyangkut komunikasi langsung maupun tidak langsung antar warga masyarakat baik secara individual maupun secara kolektif.

   3. Proses sosialisasi termasuk pengaruhnya terhadap perkembangan diri dan kepribadian seseorang dalam masyarakat.

   4. Struktur sosial yang terdiri dari sistem norma, sistem kedudukan dan peran dari masing - masing masyarakat dari lapisan bawah hingga lapisan atas.

   5. Keragaman kehidupan sosial budaya, termasuk nilai - nilai sosial.

   6. Perubahan - perubahan sosial baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar serta bahan kajian yang lebih detail berkaitan dengan perilaku sosial dalam masyarakat.

Related Posts: