Pengertian Nilai dan Macam - Macam Nilai Sosial

Pengertian Nilai dan Macam - Macam Nilai Sosial

  Pengertian Nilai dan Macam - Macam Nilai Sosial

   1. Pengertian Nilai Sosial

   Setiap masyarakat memiliki sistem nilai yang berbeda - beda yang bersifat turun temurun dari generasi terdahulu ke generasi berikutnya. Nilai - nilai dapat bersumber dari nilai - nilai keagamaan, nilai - nilai adat istiadat maupun nilai - nilai estetika yang terus berkembang sejalan dengan peradaban masyarakat tertentu. Nilai sosial adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan benar oleh sebagian masyarakat. Nilai sosial muncul dari nilai individual yang dimiliki oleh seseorang. Melalui pergaulan, nilai individu akhirnya mendapat persetujuan dari kalangan luas sehingga menjadi nilai sosial masyarakat. Sebagai contoh nilai - nilai sosial yang ada di masyarakat adalah sebagai berikut.
   a. Berperilaku sopan dan jujur
   b. Bersikap arif dan bijaksana
   c. Memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat
   d. Bersikap ramah
   e. Bersikap adil

   2. Macam - Macam Nilai Sosial

   Untuk membedakan macam - macam nilai sosial dalam masyarakat Prof. Notonegoro mengemukakan bahwa nilai sosial dalam masyarakat dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, antara lain :

   A. Nilai Vital

   1) Pengertian Nilai Vital
   Nilai vital adalah nilai yang mncul karena kegunaannya, misalnya pisau. Pisau ini mempunyai harga atau nilai tertentu karena ketajamannya yang dapat digunakan untuk memotong sesuatu, tetapi seandainya pisau ini tumpul nilainya akan merosot. Sebaliknya apabila pisau ini selalu tajam dalam waktu yang panjang (berkualitas), maka pisau ini akan memiliki harga atau nilai yang semakin tinggi. Nilai suatu benda yang muncul karena kegunaannya yang dinamakan Nilai Vital.

   2) Manfaat Nilai Vital
   Nilai vital berfungsi untuk menjadi dasar penilaian atau ukuran terhadap tinggi rendahnya suatu barang yang dilihat dari fungsinya, misalnya pisau yang berfungsi sebagai alat pemotong akan berbeda nilainya dengan kalkulator sebagai alat menghitung dan akan berbeda pula dengan sepeda motor sebagai alat transportasi.

   3) Contoh - Contoh Nilai Vital
   a) Nilai rupiah yang terkandung pada handphone sebagai alat komunikasi.
   b) Nilai rupiah yang terkandung pada sebuah mobil dengan merk tertentu yang berfungsi sebagai alat transportasi dan benda kemewahan.

   B. Nilai Spiritual

   1) Pengertian Nilai Spiritual
   Nilai spiritual adalah nilai yang terdapat dalam kejiwaan manusia yang mencakup nilai estetika, nilai moral, nilai religius dan nilai kebenaran.

   2) Manfaat Nilai Spiritual

   Nilai spiritual berfungsi sebagai pedoman perilaku secara konkret. Nilai spiritual ini cenderung berbentuk abstrak yang merupakan ide atau angan - angan sesuai dengan bidang kehidupan masing - masing baik dalam bentuk nilai moral, nilai estetika ataupun pada nilai - nilai yang bersifat religius. Nilai - nilai spiritual ini akan menjadi pedoman perilaku bagi warga masyarakat.

   3) Macam - Macam Nilai Spiritual
   Secara terperinci nilai spiritual dibedakan menjadi 4 kategori antara lain :
   a) Nilai estetika
   Yaitu nilai yang terkandung pada suatu benda berdasarkan pada pertimbangan nilai keindahan baik dalam keindahan bentuk, keindahan tata warna, keindahan suara, keindahan gerak dan lain - lain.

   b) Nilai moral
   Yaitu nilai tentang baik buruknya perbuatan manusia berdasarkan pada nilai - nilai sosial yang bersifat universal. Nilai - nilai moral ini akan berlaku secara umum walaupun setiap masyarakat memiliki tata nilai yang berbeda - beda. Dalam penerapannya sedikit memiliki perbedaan yang merupakan karakteristik khas dari corak budaya masyarakat tertentu.

   c) Nilai religius
   Nilai religius atau nilai kepercayaan adalah nilai yang berdasarkan pada kepercayaan seseorang terhadap hal tersebut. Salah satu contoh nilai religius adalah kepercayaan seseorang terhadap suatu benda yang dipandang memiliki kekuatan magis.

   d) Nilai kebenaran Ilmu Pengetahuan
   Yaitu nilai yang bersumber dari benar atau tidaknya segala sesuatu yang didasarkan pada fakta atau bukti - bukti secara ilmiah. Nilai ini lebih banyak bersumber dari logika manusia serta empiris.

   C. Nilai Material

   1) Pengertian Nilai Material
   Nilai material adalah nilai yang ada atau yang muncul karena materi tersebut. Contoh : Emas. Emas ini mempunyai nilai tertentu yang muncul karena benda yang berupa emas ini mempunyai warna kuning gelap dan tidak luntur yang selanjutnya akan banyak kegunaannya untuk membuat berbagai macam perhiasan. Nilai terkandung dalam suatu benda dinamakan nilai sentral.

   2) Fungsi Nilai Material
   Nilai material berfungsi sebagai ukuran memberikan nilai atau penghargaan terhadap semua benda yang ada di muka bumi ini baik dilihat dari jumlahnya maupun dilihat dari manfaat benda tersebut. Biasanya nilai material merupakan bahan dasar untuk pembuatan sesuatu barang yang memberikan manfaat bagi manusia.



   

Related Posts: