Faktor - Faktor Pembentuk Kepribadian

Faktor - Faktor Pembentuk Kepribadian

  Faktor - Faktor Pembentuk Kepribadian

   Kepribadian seseorang terbentuk berdasarkan proses perpaduan antara faktor - faktor pembawaan yang dimiliki seseorang dari leluhurnya dengan faktor - faktor lingkungan yang diperoleh seseorang melalui proses sosalisasi dan pergaulan sepanjang hidup. Demikian juga orang yang bergaul di lingkungan masyarakat yang berbeda - beda akan menghasilkan suatu proses pembentukan kepribadian yang berbeda - beda pula.

   Faktor - faktor yang memengaruhi proses pembentukan kepribadian seseorang sebagai berikut.

   A. Faktor Pembawaan

   Faktor pembawaan adalah faktor - faktor yang berupa bawaan dari leluhurnya berasal dari ayah, ibu, kakek dan nenek dari ayah maupun dari ibu.

   B. Faktor Environment / Lingkungan

   1) Lingkungan Keluarga

   Situasi lingkungan keluarga sangat memengaruhi proses pembentukan kepribadian. Oleh karena pada masa kanak - kanak seorang individu sangat efektif proses awal pembentukan kepribadiannya dengan meniru dan memerhatikan perilaku orang - orang yang ada di lingkungan keluarganya terutama adalah ayah dan ibunya.

   2) Lingkungan Pendidikan

   Lingkungan pendidikan adalah lingkungan sekolah sejak taman kanak - kanak sampai perguruan tinggi. Situasi pendidikan di mana seorang individu bersekolah juga sangat efektif dalam proses pembentukan kepribadiannya. Dengan pemberian bekal pengetahuan nilai - nilai dan pendidikan - pendidikan budi pekerti maka seorang individu akan dikuatkan fondasi kepribadiannya dalam proses kepribadian yang dewasa.

   Dalam suatu program pendidikan sesungguhnya telah diperhatikan bahan - bahan yang akan diberikan kepada peserta didik melalui program pengajaran. Akan tetapi, tidak semua sekolah mempunyai perangkat dan kemampuan untuk melaksanakan proses pembekalan ataupun penyampaian program - program pengajaran dalam pikiran peserta didik.

   3) Lingkungan Pergaulan (lingkungan kerja)

   Lingkungan pergaulan pada dasarnya adalah lingkungan di mana seorang individu secara efektif menghabiskan waktunya pada lingkungan tersebut. Lingkungan ini dapat berupa teman sepermainan, lingkungan setempat maupun lingkungan tempat kerja. Pada pergaulan di lingkungan sepermainan pada umumnya individu bergaul dengan orang lain yang sebaya.

   4) Media Massa

   Media massa mempunyai peran cukup efektif dalam proses pembentukan kepribadian. Peran media adalah saat seorang individu mulai mengenal buku, majalan, koran, radio, televisi, VCD, internet dan lain - lain. Hal ini juga dapat mengarah pembentukan kepribadian yang tidak diinginkan.

   5. Lingkungan Masyarakat Luas

   Komponen yang terakhir yang mempengaruhi proses pembentukan kepribadian seseorang adalah lingkungan masyarakat luas.

Related Posts: