Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

  Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

   Proses sosialisasi pada hakikatnya adalah proses belajar berinteraksi bagi individu di tengah - tengah masyarakat. Proses ini adalah proses pengenalan terhadap lingkungan sosial dan lingkungan alam yang ada di sekitarnya, mulai dari lingkungan keluarga, teman sepermainan, lingkungan sekolah, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat luas.

   Di bawah ini akan diuraikan pengertian sosialisasi dari para ahli sebagai berikut.

   A. Soerjono Soekanto

   Sosialisasi adalah proses mengomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

   B. Koentjaraningrat

   Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak - kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu - individu lain yang hidup dalam masyarakt sekitarnya.

   C. Peter Barger

   Sosialisasi adalah proses seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

   D. Edward Shils

   Sosialisasi merupakan proses sosial yang dijalankan seseorang atau proses sepanjang umur yang perlu dilalu seseorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat tersebut.

   E. Horton dan Hunt

   Sosialisasi adalah suatu proses seseorang menghayati (internalize) norma - norma kelompok tempat ia hidup sehingga timbulah diri yang unik.

   F. Ahmadi

   Pengertian sosialisasi mencakup :
   1) Proses sosialisasi adalah proses belajar. Yaitu suatu proses akomodasi di mana individu menahan, mengubah impuls - impuls dalam dirinya lalu diikuti oleh upaya pewarisan cara hidup atau kebudayaan masyarakatnya
   2) Dalam proses sosialisasi itu individu mempelajari kebiasaan, sikap, ide - ide nilai - nilai dan tingkah laku dalam masyarakat di mana ia hidup, dan
   3) Semua sikap dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkan secara sistematis dalam pribadinya.

Related Posts: