Tujuan Sosialisasi

Tujuan Sosialisasi

  Tujuan Sosialisasi


   Dalam proses sosialisasi sangat disadari bahwa sosialisasi yang dilakukan dengan tujuan yang sangat mendasar. Adapun tujuan dari proses sosialisasi sebagai berikut.


   A. Untuk Mengetahui Lingkungan Sosial

   Salah satu tujuan sosialisasi adalah untuk mengetahui lingkungan sosial baik lingkungan sosial tempat individu bertempat tinggal termasuk lingkungan sosial yang baru. Lingkungan sosial ini meliputi pihak - pihak yang mempunyai keterkaitan dengan aktivitas individu tersebut.

   B. Untuk Mengetahui Lingkungan Fisik yang Baru

   Dengan mengetahui lingkungan fisik dari sesuatu daerah seseorang akan mengenali arah, posisi, kedudukan, skema dan sub - sub area yang berada di lingkungan yang baru tersebut. Pengetahuan seperti ini akan sangat berguna bagi seseorang yang baru untuk mendukung kelancaran proses menjalankan kedudukan dalam tugas kedinasan yang baru.

   C. Untuk Mengetahui Nilai - Nilai dan Norma - Norma yang Berlaku di Suatu Masyarakat

   Setiap masyarakat memiliki sistem tata nilai yang berbeda - beda. Oleh sebab itu, bagi seorang individu yang memasuki lingkungan sosial baru perlu mengetahui sistem tata kelakuan, peradaban, tata nilai serta adat istiadat yang berlaku di daerah itu.

   D. Untuk Mengetahui Lingkungan Sosial Budaya Suatu Masyarakat

   Dalam suatu proses sosialisasi akhirnya sosial budaya suatu masyarakat dapat diketahui tipenya.

Related Posts: