Mengetik Dengan 10 Jari, Bisa ga sih?

Mengetik cepat

Mengetik Dengan 10 Jari, Mungkin ga sih?

Mungkin ga ya??
Jawabannya adalah : Ya, Bisa.

Buktinya? Penulis sendiri (Falah) bisa melakukannya.

Dulu penulis juga melihat di film - film tentang hacker, keren bisa ngoding terus cepet banget ngetiknya (gatau palsu gatau engga di film wkwk). 

Pasti kalian yang ingin bisa mengetik 10 jari rata - rata karena efek nonton film hacker? Atau yang suka ngetik tugas tapi pingin cepet? Atau mau dianggap keren sama temen? wkwk

Penulis mau sharing sedikit, tentang gimana penulis belajar mengetik 10 jari pertama kali. Pada penasaran ga?? 

Jadi awal mulanya itu, ketika penulis masih kelas 3 SMP (satu tahun setelah ngeblog), guru TIK menyuruh untuk menguasai mengetik dengan 10 jari. Kalau sampe engga bisa, nanti bakal ada hukumannya. Dari situ penulis mencoba mencari tau gimana caranya supaya jago ngetik.

Tiba - tiba penulis inget, dulu pernah main game yang namanya "Typer Shark Deluxe". Pernah denger atau mainin game ini?

Typer Shark Deluxe

Typer Shark Deluxe


Di game ini, ceritanya tentang seorang penyelam yang berusaha mencari harta karun di dasar laut. Namun dalam perjalanannya menuju dasar laut, dihadang oleh ikan - ikan hiu yang ganas. Untuk mengalahkan ikan hiu ini, sang penyelam harus menulis "kata" yang ada dalam hiu tersebut. Setelah kata ditulis maka hiu tersebut akan mati. 

Tersedia berbagai pilihan level di game ini, dari easy sampai extreme. Seru dah main game ini. Bukan sekedar game, tapi juga melatih skill mengetik kita. Yang menarik tidak hanya mengalahkan hiu - hiu, dalam game ini disediakan "Typing Test" yang terdiri dari 16 tingkatan yang membimbing kita untuk memulai latihan dari mana.

Tidak ada sesuatu yang instan, ya begitu juga dalam mempelajari hal ini.

Untuk menguasai mengetik dengan 10 jari, membutuhkan usaha dan tekad. 

Berapa lama penulis bisa lancar mengetik dengan 10 jari?
lumayan lama juga, 3 bulan. Itu penulis berlatih setiap hari (gara - gara takut dites sama guru wkwk). Setelah penulis cukup lancar, berharap segera di tes sama gurunya, ehh ternyata......

Gajadi di tes nya Haha !!!

Entah mengapa sang guru sampe penulis lulus ga jadi nge tes nya. Mungkin karena komputer di sekolah banyak yang rusak sehingga TIK jarang masuk (maaf penulis lupa wkwk).

Tapi ada satu yang bikin penulis kesel waktu itu, ngeliat guru TIK penulis ngetiknya pake 11 jari (cuma jari telunjuk kiri dan kanan). Atau bisa saja karena memang ruangannya cukup gelap, jadi ga keliatan keyboardnya? wkwk

Terlepas apakah guru TIK penulis sebenarnya bisa mengetik 10 jari atau tidak, penulis tetap bersyukur pernah disuruh seperti itu. Efeknya benar - benar luar biasa dalam segi efektif dan efisien. Nulis tugas, ngoding, atau bahkan ngeblog pun jadi lebih cepet haha.

Yang penasaran seberapa cepat penulis ngetiknya, bisa dilihat di gambar berikut :

Latihan mengetik
Kompetisi di https://10fastfingers.com

Penulis juga pernah mengikuti lomba mengetik antar SMA di kota Bandung yang diselenggarakan di SMA Negeri 11 Bandung dan mendapatkan peringkat 2 :

Alhamdulillah :)


Kembali menegaskan pertanyaan judul, Bisakah Kita Mengetik Cepat dengan 10 Jari? Ya, Bisa !. Ada tips - tips lagi selain yang udah disebutin? Nanti ya menyusul.....

Ohh iya, sekalian mau mempromosikan blog baru penulis. Penulis punya 2 blog baru : 
1. Bertema pendidikan, yaitu di http://runasflash.blogspot.com. Disini penulis ditemani oleh dua teman penulis yang juga luar biasa dalam akademik.
2. Bertema Tips, yaitu di http://catatan-tips.blogspot.com. Disini penulis menuliskan tips - tips yang penulis tau dan penulis dapatkan. Untuk tips mengetik cepat akan ditulis artikelnya di blog ini. So Stay Tune yaa.









Related Posts: