Mengenang Google Tanya Jawab (GTJ)

  Sesuatu datang dan pergi
  Tapi memori tentangnya akan menetap ~ Falah Kharisma 

   Google tanya jawab? yaps serupa seperti Yahoo Answers dimana merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menanyakan hal apa saja dan menjawab pertanyaan apapun yang tersedia.

   Setiap menjawab pertanyaan, kita akan diberi nilai poin atas jawaban tersebut. Jika jawaban kita merupakan jawaban terbaik, maka kita akan mendapatkan poin reputasi .

   Dulu gabung Google Tanya Jawab (GTJ) karena ada rumor - rumor bisa meningkatkan traffic blog sih hahaha. Waktu itu gue masih kelas 2 SMP, sekitar tahun 2013. Seru banget sih demi meningkatkan poin  dan reputasi gue coba untuk jawab pertanyaan sebanyak - banyaknya. Kadang pertanyaan yang ditanya sama orang - orang tuh harusnya bisa dapet dengan googling sendiri dan Ga masuk akal wkwk. Bikin gemes hahaha.

   Ada satu peristiwa unik selama join di Google Tanya Jawab (GTJ) ini. Jadi gini, dulu ada user juga bernama "pelajar". Gatau kenapa gue liat dia juga ngambis nih jawab pertanyaan - pertanyaan di GTJ ini. Mungkinkah dia juga ingin meningkatkan traffic blog?? wkwk. Tapi dia memang punya blog juga btw. Bahkan sekarang udh sukses bet blog nya ntapss.

   Ehh jadi gimana peristiwa unik nya? jadi dulu ada nih yg nanya di GTJ : "apakah si falah dan pelajar merupakan orang yang sama?? "

   Whatt the !!?? Gue kaget juga pertama kali liat pertanyaan itu wuahaha. Uniknya ga cuma satu woy. yg nanya gitu. Ada banyak hahaha. Akhirnya gue sama si pelajar itu coba jelasin ke mereka bahwa kita tuh orang yang beda, bahkan katanya si pelajar itu ada di bali sementara gue di Bandung. Jauhh kan ??

   Btw kok bisa dikira orang yang sama (antara gue sama si pelajar)? jadi menurut mereka kami bekerja sama untuk mendapatkan reputasi. Masih inget kan gimana caranya dapet reputasi? reputasi didapatkan ketika jawaban kita merupakan jawaban terbaik.

   Nah jadi kebetulan pas gue yg bikin pertanyaan, si pelajar ini ngejawab pertanyaan dengan bagus jadi gue bikin dia jawaban terbaik. Ga jarang juga si pelajar melakukan hal yg sama ke gue. Dipikir - pikir lucu juga gue sempet viral di dunia maya hahaha. Sebelum muncul instagram, line, istilah pansos belum ada sih. Gue juga ga pernah niat btw.

   Gue sempet offline beberapa tahun, bukan offline banget sih. Tapi maksudnya ga aktif di blog lagi dan di GTJ ini. Sampe pas gue kangen sama nih GTJ di tahun 2015 (atau 2016 ya?), eh ternyata GTJ udh ga ada lagi guys :( . Kesel bercampur sedih kok bisa - bisanya google non aktifin :( .

   Gue cari info di google tentang kenapa layanan GTJ ini dihentikan, dikutip dari http://teknorc.blogspot.com/2015/02/tanya-jawab-google-dihentikan-yahoo-answer-eksis.html . 
   Jadi katanya dulu tuh sumber informasi masih sangaaat terbatas. Oleh karena itu layanan Google Tanya jawab ini masih berperan penting untuk menghubungkan para pengguna untuk menjawab pertanyaan yang belum ada jawabannya. Tapi karena kemajuan Teknologi dan Informasi, artikel blog telah bertebaran, forum diskusi terbesar sudah ada (seperti kaskus), video - video di YouTube, maka fungsi dari Google Tanya Jawab ini mengalami penurunan. Oleh karena itu pada 30 April 2015 dan seterusnya GTJ sudah resmi berakhir.

   Gue akui sih di tahun - tahun 2013 dan seterusnya, orang - orang pada semangat bikin artikel blog. Apalagi waktu itu adalah awal dari layanan Google Adsense tersedia di Indonesia :)). Jadi dulu tuh kalau mau punya akun  Google Adsense, kami orang Indonesia harus bikin blog nya pake bahasa inggris !!! Ada sih yg maksain padahal ga bisa pake bahasa inggris tapi modal Google Translate doang ya jadinya gitu deh HANCUR TULISANNYA wkwk.

   Masih dikutip di blog tadi, inilah tampilan dari Google Tanya Jawab (dulu gue ga pernah sempet nge screenshoot jadi nyomot punya orang nih)

Tampilan Google Tanya Jawab
Tampilan Google Tanya Jawab, dikutip dari http://teknorc.blogspot.com/2015/02/tanya-jawab-google-dihentikan-yahoo-answer-eksis.html
   Dan ini katanya pengumuman dari pihak Google nya sendiri :
Keterangan GTJ
Keterangan dari Pihak Google, dikutip dari http://teknorc.blogspot.com/2015/02/tanya-jawab-google-dihentikan-yahoo-answer-eksis.html 


   Btw gue jadi penasaran gimana kabar si pelajar sekarang wkwk. Masih inget ga ya dia ke gue. ga cuma itu aja sih gue penasarannya, kenapa dulu bisa offline ya gue? padahal seru - serunya tuh hahaha. Waktu kembali untuk online, gue juga shock banyak kebijakan yang berubah. Kayak pagerank google sudah ditiadakan. gue masih inget dulu banyak banget cara kotor buat naikin pagerank. Alhamdulillah ga tergoda pake teknik Black Hat SEO sih :)

   Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel - artikel lainnya :)

Related Posts: